@thesis{thesis, author={Kristina and Rahmat }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9959/}, abstract={Pengaruh model pembelajarnkooperatifdan media petakonsepdalampengajrankimiaHidrokarbon di sekolahmenengahatas( SMA) di jelaskandalamskripsiini. Penelitiandilakukanterhadapsiswakelas X SMA Methodist LubukPakamdenganmelakukanpengajarnmenggunakan model kooperatiftipe STAD dan media petakonseppadakelaseksperimendanceramahpadakelaskontol.Pengaruh model pembelajarnkooperatiftipe STAD dan media petakonsepdalammeningkatkanmateriHidrokarbondiketahuidarikemampuansiswamengerjakansoalkimiasebelumdansesudah proses belajarmengajar. Hasilpenelitianmenunjukakanbahwapengajarandenganmenggunakan model pembelajarnkooperatiftipe STAD dan media petakonsepdapatmeningkatkanpengusaansiswaterhadapmateriHidrokarbonkarenadapatmemotivasisiswabelajarsistematis . Hal inidapatdilihatdariperbedaan rata-rata postestuntukkelaseksperimenadalah 86 dannilai rata-rata postestkelaseksperimen II adalah 77. Dengandemikianadapengaruh media petakonsepdalampembelajarankooperatiftipe STAD terhadaphasilbelajarkimiasiswapadapokokbahasanhidrokarbondandapatjugadilihatberdasarkanhasilujihipotesisyaituthitung>ttabel (5,39>2,014).Denganmelihatkeberhasilanpengajaranmenggunakan model pembelajarnkooperatiftipe STAD dan media petakonsepdalampengajaranHidrokarbon, makaperludipikirkanuntukdiaplikasikandalampengajaranmaterikimia lain atauuntukpelajaranbidangstudi lain.} }