@thesis{thesis, author={ and Sabaruddin }, title ={PENGARUH PENGAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN KOLOID}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9974/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Koloid di SMA Swasta Sri Langkat Tanjung Pura. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang homogen dan terdistribusi normal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel, dengan r = 0,787 kategori tinggi. Berdasarkan hasil pretest dan postest pada saat penelitian, diperoleh rata-rata nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen sebesar 0,582 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,356. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,721 > 1,6723 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 58. Hal ini berarti terima Ha yang berarti ada Pengaruh Pengajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Koloid. Hal ini memberikan arti bahwa Pengajaran Berbasis Praktikum dengan Konvensional terbukti memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.} }