@thesis{thesis, author={Isnaeni Yuli and Riyani Bina}, title ={Pengaruh Pendidikan Kesehatan Oleh Kelompok sebaya (Peer Group) terhadap Kesiapan Menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V di SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta}, year={2011}, url={http://digilib.unisayogya.ac.id/1003/}, abstract={Latar Belakang: Menarche merupakan menstruasi pertama yang biasa terjadi dalam rentang usia 10-16 tahun. Menarche pada remaja putri dapat menimbulkan kecemasan, ini disebabkan oleh kesiapan mental, kurang memiliki pengetahuan dan sikap yang cukup baik tentang perubahan-perubahan fisik dan psikologis terkait menarche, dan kurangnya pengetahuan tentang perawatan diri yang diperlukan saat menstruasi. Tujuan: Diketahuinya Pengaruh Pendidikan Kesehatan oleh (Peer Group) terhadap kesiapan menghadapi menarche siswi kelas V di SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra Eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-posttest Design. Populasi adalah siswa-siswi SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta, total sampel sebanyak 11 responden. Uji statistik menggunakan Uji paired t-test. Hasil: Terdapat perbedaan kesiapan menghadapi menarche sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang menstruasi dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang menstruasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa thitung= 4,183, dengan nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,002. Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan oleh (Peer Group) terhadap kesiapan menghadapi menarche siswi kelas V di SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta. Saran: Saran bagi siswi SD kelas V di SD Muhammadiyah Yohyakarta agar dapat menggunakan metode Peer Group sebagai cara alternatif untuk meningkatkan kesiapan menghadapi menarche. Kata Kunci : Pendidikan kesehatan, Kelompok Sebaya , Menarche Kepustakaan : 30 buku, 3 jurnal, 1 Skripsi Jumlah halaman : 68 halaman, 5 tabel, 4 gambar, 17 lampiran} }