@thesis{thesis, author={Ambarningrum Dewi and Khusnal Ery}, title ={Efektivitas Metode Bermain Dengan Mewarnai Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Di Kabupaten Bantul}, year={2011}, url={http://digilib.unisayogya.ac.id/1016/}, abstract={Latar Belakang : Warna dan gambar merupakan daya tarik perhatian anak . Metode bermain dengan mewarnai, membuat anak lebih memiliki banyak kosa kata, ejaan yang benar, mengerti suatu benda, kegunaan benda secara cepat, dapat mengkombinasikan kata dengan baik, mempermudah penyesuaian diri dengan lingkungan, serta dapat membantu anak dalam berkomunikasi dengan orang tuanya , teman sebaya ataupun orang lain . Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode bermain dengan mewarnai terhadap perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah di kabupaten Bantul . Metode: Desain penelitian yang digunakan desain penelitian eksperimen (control group pretest -postest design). Variabel bebasnya m etode bermain dengan mewarnai , variabel terikat nya p erkembangan bahasa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling , dengan sampel berjumlah 32 siswa TK Al -wafa dan 29 siswa TK Pertiwi. U ji statistik dengan uji Mann -Withney U. Hasil : Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa m ayoritas pretest perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah dalam kategori suspek sebesar 8 1,3% serta mayoritas postest perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah dalam kategori normal sebesar 59,4% pada TK Al -Wafa. Kesimpulan dan Saran : Metode bermain dengan mewarnai efektif terhadap perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah di Kabupaten Bantul , dibuktikan dengan hasil uji Mann -With ney U sebesar 3,138 dan nilai signifikansi 0,002 , hal ini menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 . Saran bagi pihak sekolah taman kanak -kanak agar memiliki metode yang efektif dalam melakukan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa .} }