@thesis{thesis, author={Ruhyana Ruhyana and Susandi Mar Atun Khasanah}, title ={Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan pembelajaran Tutorial pada mahasiswa Semester II Diploma IV Bidan Pendidik Kelas Reguler STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta}, year={2014}, url={http://digilib.unisayogya.ac.id/1082/}, abstract={INTISARI Mar Atun Khasanah Susandi,2 Ruhyana.3 Latar belakang : Salah satu metode pembelajaran yang diselenggarakan pada program Bidan Pendidik STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta adalah tutorial yang menuntut mahasiswa mampu berbicara di depan banyak orang. Namun dalam prakteknya, banyak aspek yang menjadi kendala bagi mahasiswa antara lain kepercayaan diri, manajemen waktu, dan motivasi belajar. Tujuan : untuk mengetahui hubungan antara faktor; kepercayaan diri, manajemen waktu, motivasi belajar dengan keberhasilan pembelajaran tutorial pada mahasiswa semester II diploma IV bidan pendidik kelas regular STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014 Metode : Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan pendekatan waktu cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 33 mahasiswa, menggunakan proportionate random sampling. Analisis data menggunakan korelasi Spearman Rank. Hasil : Menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara faktor; kepercayaan diri, manajemen waktu, dan motivasi belajar dengan keberhasilan pembelajaran tutorial yang dibuktikan nilai probabilitas Spearman rank hitung kepercayaan diri sebasar 0,003< 0,05 (?=5%), manajemen waktu sebesar 0,008 < 0,05(?=5%),dan motivasi belajar sebesar 0,007 < 0,05 (?=5%). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara faktor; kepercayaan diri, manajemen waktu, dan motivasi belajar dengan keberhasilan pembelajran tutorial. Saran : Diharapkan mahasiswa dapat selalu mempertahankan kepercayaan diri, manajemen waktu, dan motivasi belajar dalam pembelajaran tutorial sehingga dapat menjadi bekal sampai mahasiswa bekerja Kata Kunci : Tutorial, Diploma IV Bidan Pendidik, Mahasiswa Kepustakaan : 44 Buku (2003-2013), 6 Jurnal (2006-2010), 7 Website Jumlah Halaman : xv, 83 Halaman, tabel 1-14, gambar 1-4} }