@thesis{thesis, author={}, title ={LATIHAN SCHROTH METHOD UNTUK PENINGKATAN FUNGSIONAL TULANG BELAKANG PADA ADOLESCENT IDIOPHATIC SCOLIOSIS(AIS): NARRATIVE REVIEW}, year={0000}, url={http://digilib.unisayogya.ac.id/6210/}, abstract={Latar belakang: Adolescent Idiopathic Scoliosis (AIS) adalah kelainan struktural, lateral, rotasi dari kurva tulang belakang yang muncul pada anak ? anak yang sehat pada usia setelah pubertas. Bila tidak ditangani, skoliosis dapat berdampak buruk seperti nyeri kronik pada punggung, fungsi kardiopulmonal atau keterbatasan mobilitas. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh latihan Schroth Method untuk peningkatan fungsional tulang belakang pada Adolescent Idiopathic Scoliosis (AIS). Metode: Menggunakan narrative review. Narrative Review adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan meringkas literatur yang telah diterbitkan sebelumnya, menghindari duplikasi serta mencari studi terbaru dibidangnya. Hasil penelitian: Hasil dari keseluruhan pencarian artikel dari ke-4 database dengan keywords setelah dilakukan screening judul serta relevansi abstrak serta screening full text diperoleh sebanyak 16 artikel yang telah di review oleh penulis, 16 artikel tersebut menyatakan ada pengaruh latihan schroth method untuk peningkatan fungsional tulang belakang pada Adolescent Idiopathic Scoliosis (AIS). Kesimpulan: Ada pengaruh latihan schroth method untuk peningkatan fungsional tulang belakang pada adolescent idiopathic scoliosis (AIS). Saran: Bagi fisioterapis diharapkan dapat membuktikan bahwa intervensi latihan schroth method berpengaruh untuk meningkatkan fungsional tulang belakang pada penderita adolescent idiopathic scoliosis (AIS).} }