@thesis{thesis, author={Mamnu’ah Mamnu’ah and Munasyaroh Khusnawati}, title ={Pengaruh Pembelajaran Tutorial pada Peningkatan Harga Diri Mahasiswa Semester I Ilmu Keperawatan STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta}, year={2012}, url={http://digilib.unisayogya.ac.id/829/}, abstract={Latar belakang : Harga diri pada mahasiswa berperan dalam proses peningkatan kepercayaan diri, keaktifan di lingkungan kelas, perasaan tanggung jawab dan prestasi akademik. Salah satu aspek yang berperan dalam tanggung jawab, keaktifan dikelas dan prestasi akademik adalah pembelajaran tutorial. Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh pembelajaran tutorial terhadap peningkatan harga diri mahasiswa semester 1 ilmu keperawatan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta. Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan one-group pretest-postest desain. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa perempuan semester 1 Ilmu Keperawatan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta sebanyak 30 responden. Analisa data menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil : Harga diri sebelum pembelajaran tutorial paling tinggi merupakan kategori sedang yaitu 25 mahasiswa (83,3%) dan setelah pembelajaran tutorial paling tinggi merupakan kategori tinggi yaitu 15 orang (50%). Hasil Uji Wilcoxon didapatkan nilai Z = -4,222 dengan p = 0,000. Kesimpulan : Ada pengaruh pembelajaran tutorial terhadap peningkatan harga diri mahasiswa semester 1 ilmu keperawatan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta. Saran : Bagi tenaga pengajar agar memberikan penekanan tentang kesuksesan secara terstruktur, memberikan reinforcement dan umpan balik melalui pembelajaran tutorial kepada mahasiswa untuk meningkatkan harga diri mahasiswa.} }