@thesis{thesis, author={Latuaji Prima}, title ={PENDEKATAN MORFOLOGI PERMAINAN pada CAMP PERMAINAN di YOGYAKARTA}, year={2008}, url={http://e-journal.uajy.ac.id/10169/}, abstract={Dunia anak adalah dunia bermain, bermain bagi anak adalah wujud dari kegiatan kerja dan prestasi. Arti bermain dalam tumbuh kembang anak merupakan sebuah kegiatan beraktivitas dimana seorang anak dapat melatih pola pikir melalui fantasi mereka. Pertumbuhan dan perkembangan anak meliputi manfaat bagi fisik, emosi, kognitif, dan sosial. Tidak bijaksana apabila bermain dapat disama ratakan bagi tiap tingkatan usia karena jenis kebutuhan anak pada tiap permainan berbeda-beda. Permainan dikelompokkan menjadi 5 (lima) yaitu : permainan gerak dengan manfaat fisik dan sosial, permainan peran dengan manfaat sosial dan emosi, permainan konstruksi kognitif dan emosi, permainan prestasi fisik dan emosi, dan permainan representasi dengan manfaat kognitif dan sosial. Keberadaan tempat bermain di Kota Yogyakarta sudah ada tetapi hanya beberapa yang memenuhi kebutuhan rekreasi sebagai tempat bermain anak. Diantaranya dari segi keamanan tidak layak karena letaknya disekitar rel kereta api dan sebagian lainya hanya mementingkan segi ekonomi atau asal anak tidak main keluar rumah. Camp Permainan di Kota Yogyakarta adalah suatu tempat umum non formal yang mampu menyajikan jenis permainan dalam bentuk komplek dengan maksud mengenalkan secara lebih jauh tentang pentingnya permainan dalam dunia tumbuh kembang anak dan memenuhi fungsi rekreatif. Dalam bermain anak didampingi oleh pembimbing dan orang tua sehingga pengolahan ruang termasuk didalamnya adalah mengolah interaksi antara anak ? orang tua ? pembimbing. Permainan yang disediakan dalam Camp Permainan meliputi permainan gerak, permainan peran, permainan konstruksi, permainan prestasi, dan permainan representasi. Nilai rekreatif yang dimaksud adalah kualitas yang khas dari masingmasing jenis permainan yaitu karakter dari tiap permainan yang diterapkan pada pengolahan ruang dan bentuk yang meliputi pengolahan ruang tiap permainan, pengolahan ruang antar permainan, dan tampilan bangunan.} }