@thesis{thesis, author={RESTIANA MARTHA }, title ={RANCANGAN PERBAIKAN DISPLAY BERDASARKAN KARAKTERISTIK PERILAKU KONSUMEN DI KOTA SINGKAWANG}, year={2016}, url={http://e-journal.uajy.ac.id/9813/}, abstract={Retail modern seperti Alfamart, Indomaret dan Hypermart mulai mewabah kota Singkawang sehingga persaingan retail modern dan retail tradisional semakin ketat. Konsumen mulai beralih dari retail tradisional ke retail modern yang menawarkan fasilitas dan tampilan visual yang lebih menarik. Hal ini berdampak pada proses bisnis retail tradisional yang ditandai dengan menurunnya jumlah pengunjung setiap harinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi perilaku konsumen baik di retail modern maupun retail tradisional di kota Singkawang sehingga diperoleh perilaku konsumen yang dilakukan dengan observasi dan wawancara sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam merancang perbaikan berupa rancangan display retail tradisional untuk tetap bertahan di dunia retailing. Rancangan perbaikan yang diberikan adalah visual merchandising berupa planogram retail tradisional. Planogram adalah gambar (blueprint) retailer yang secara visual berhubungan dengan bagaimana merchandise dapat tepat ataupun cocok secara fisik ditempatkan di bagian toko tertentu. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh perbedaan perilaku konsumen antara konsumen retail modern dan retail tradisional sehingga perancangan planogram dapat dijadikan sebagai solusi retail tradisional untuk mengimbangi perilaku konsumen di kota Singkawang.} }