@thesis{thesis, author={ROBIN ALFIAN and TRI PRABOWO}, title ={ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEBIDANAN STIKES ALMA ATA YOGYAKARTA}, year={2011}, url={http://elibrary.almaata.ac.id/88/}, abstract={Latar Belakang : Fokus utama dalam dunia pendidikan adalah manusia dalam hal ini adalah peserta didik karena dengan adanya pendidikan peserta didik didorong untuk terlibat dalam proses mengubah kehidupannya kearah yang lebih baik. Mengembangkan kepercayaan diri, mengembangkan rasa ingin tahu, serta meningkatkan pengetahuan serta keterampilan yang telah dimilikinya, sehingga dapat berfungsi untuk peningkatan kualitas hidup pribadi dimasyarakat. Salah satu yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan adalah prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa berupa Indeks Prestasi Kumulatif yang dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan : Untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap terhadap prestasi belajar mahasiswa Kebidanan angkatan 2008 Stikes Alma Ata Yogyakarta. Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan rancangan retrospektif. Sampel diambil dengan tehnik total sampling, penelitian dilakukan pada 80 mahasiswa kebidanan angkatan 2008 dengan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisa data menggunakan univariat yaitu dengan distribusi frekuensi, bivariat dengan uji t, dan multivariate dengan uji regrsi berganda. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara anatara faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa kebidanan angkatan 2008 Stikes Alma Ata. Hasil Uji secara parsial faktor internal diperoleh thitung sebesar 0.514 dengan nilai sig. 0.021< 0,05, dan secara parsial faktor eksternal thitung 0.504 dengan nilai signifikan 0.030 < 0,05, hal ini berarti hipotesis diterima.Dari uji F atau simultan diperoleh Fhitung sebesar 17.157 dengan nilai probabilitas (0,000<0,05) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Besarnya kontribusi sumbangan secara parsial untuk faktor internal adalah 26,41% dan untuk faktor eksternal sebesar 25,80%. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,308 atau 30,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan : Faktor internal dan eksternal berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa D III Kebidanan Stikes Alma Ata Yogyakarta angkatan 2008. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Faktor Internal, Faktor Eksternal. Kepustakaan : 2000-2008 Halaman : 63 halaman} }