@thesis{thesis, author={Malau Randy Eddynaik}, title ={Implementasi Vehicle Actuated Controller Pada Kasus Persimpangan Dalam Kota (Mengimplementasikan Fungsi Comparison)}, year={2019}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1024/}, abstract={Lampu lalu lintas adalah sebuah alat sebagi penunjuk atau pengatur kendaraan pada persimpangan atau pembagian arus jalan. Pada umumnya lampu lalu lintas yang di persimpangan menggunakan sistem waktu tetap (fix timer) sehingga arus lalu lintas yang padat kendaraannya dengan yang sepi akan mendapatkan waktu tunggu yang sama. Penggunaan sistem ini sudah dipakai sejak dahulu sebagi dasar pengaturan kondisi lampu lalu lintas. Dibeberapa tempat persimpangan sistem waktu tetap (fix timer) terkadang malah dapat membuat pengendara menunggu lumaya walaupun keadaan jalan sepi. Dalam penelitian yang diteliti ini, untuk memperbaiki itu digunakan metode Vehicle Actuated Controller dengan fungsi comparison. Dimana metode ini diberi sensor di kedua jalur jalan agar dapat mendeteksi kendaraan yang berada pada ruas jalan yang terbilang padat. Jadi saat ruas jalan yang padat akan mendapat tambahan waktu dari inputan sensor yang dipasang. Dari hasil pengujian data menggunakan metode Vehicle Actuated Controller pada simulasi CX-One Programmer, dimana nilai efisiensinya adalah 20,98 %. sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan sistem Vehicle Actuated Controller lebih baik.} }