@thesis{thesis, author={Sikumbang Effran Putra}, title ={Implementasi Vehicle Actuated Controller Pada Kasus Highway Dalam Kota (Mengimplementasikan Fungsi Comparision)}, year={2019}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1034/}, abstract={Lampu lalu lintas merupakan lampu yang digunakan untuk mengatur kelancaran arus kendaraan disuatu persimpangan jalan dengan cara memberikan kesempatan bagi pengguna jalan dari masing-masing arah untuk berjalan secara bergantian. sehingga dengan meningkatnya jumlah orang yang mengendarai kendaraan dapat mengakibatkan terjadinya kemacetan khusunya pada persimpangan. Dimana pada umumnya lampu lalu lintas yang berada di persimpangan menggunakan waktu tetap (fik timer) sehingga arus lalu lintas yang padat kendaraannya dengan yang sepi akan mendapatkan waktu tunggu yang sama. Dalam penelitian ini digunakan metode Vehicle Actuated Controller dengan fungsi comparison, dimana metode ini diberi sensor di kedua jalur jalan agar dapat mendeteksi kendaraan yang melintas pada saat kondisi lampu hijau,sehingga lampu hijau akan lama ketika arus lalu lintas padat dan begitu juga ketika arus kendaraan sepi maka lampu hijau akan nyala singkat. Dari hasil pengujian data menggunakan metode Vehicle Actuated Controller pada simulasi CX-One Programmer, dimana nilai jumlah rata-rata waktu tunggu kendaraan pada fix timer yaitu 5.388124s dan jumlah rata-rata waktu tunggu kendaraan pada Vehicle Actuated Controller yaitu 4.459058s. sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan lampu lalu lintas Vehicle Actuated Controller, adanya penurunan waktu tunggu kendaraan sebesar 17.242%.} }