@thesis{thesis, author={Afina Shafa}, title ={Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Metode Picture And Picture Untuk Anak Tunagrahita C1 Di Slb - Bc Aras}, year={2019}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1138/}, abstract={Anak downsyndrome memiliki tingkat pemahaman materi yang paling rendah dibandingkan dengan anak berkebutuhan khusus lainnya ,terlihat dari nilai rata-rata hasil evaluasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam(IPA) masih dibawah kriteria ketuntasan minimal(KKM), siswa sulit mengingat terhadap materi ipa yang diberikan oleh guru dengan media pembelajaran yang digunakan hanya berupa buku pelajaran, media poster, dan alat bantu lainnya. Berdasarkan masalah yang ada,maka akan dibangun sebuah media pembelajaran untuk membantu meningkatkan daya ingat anak terhadap materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran Down Syndrome.Metode pembelajaran yang digunakan pada sistem yang dibangun adalah Metode Picture and Picture. Metode picture and picture adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi pembelajaran sebagai media pembelajaran alternatif mengalami peningkatan dalam segi kemampuan mengingat yang ditunjukkan dengan adanya persentase peningkatan pada evaluasi hari pertama yaitu kelas 4 adalah 5%,kelas 5 adalah 25%,dan kelas 6 adalah 20% dam evaluasi hari kedua yaitu kelas 4 adalah 10%,kelas 5 adalah 25%,dan kelas 6 adalah 18,3%.} }