@thesis{thesis, author={Sinaga Christianus Ady Pandapotan}, title ={Pembangunan Media Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Studi Kasus Sdk Bpk Penabur Cimahi}, year={2019}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1218/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPS. Tahapan kerangka kerja yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: pengumpulan data menggunakan cara mencari dan mempelajari buku, jurnal, artikel, paper ataupun melihat di internet dari sumber-sumber tertulis yang berkaitan dengan penelitian, pembangunan perangkat lunak dengan MDLC berdasarkan enam langkah, yaitu concept (mengkonsepkan), design (mendesain), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian) lalu pengujian hipotesis untuk membuktikan media pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman siswa, dan penarikan kesimpulan dan saran yang berisi kesimpulan yang sudah diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan dan saran untuk penelitian lebih lanjut. Pengujian dilakukan mencari nilai Gain dan melakukan uji normalitas Dari hasil diatas dicari nilai Gain dan dilanjutkan dengan uji normalitas yang mendapatkan hasil tidak terdistribusi normal sehingga melakukan uji non parametrik yaitu Mann Whitney yang mendapatkan hasil tidak ada perbedaan nilai antara kelas 6b dengan 6c. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat perbedaan nilai antara sesudah dan sebelum menggunakan media pembelajaran pada kelas eksperimen tetapi tidak ada perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen.} }