@thesis{thesis, author={Putri Bella Noviani}, title ={Pemanfaatan Augmented Reality Ragam Ekspresi Wajah Dan Game Puzzle Bagi Penyandang Tunarungu (Studi Kasus : Slb Ab Bina Asih)}, year={2019}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1219/}, abstract={Tunarungu adalah mereka yang mengalami kendala untuk mendengar yang mengakibatkan pada gangguan komunikasi dan bahasa. Berdasarkan hasil observasi terhadap materi pembelajaran di SLB AB Bina Asih Cianjur ditemukan beberapa hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran ekspresi wajah. Murid kesulitan dalam memahami dan mengidentifikasi bentuk-bentuk ekspresi wajah. Aplikasi Ekspresi Tunarungu akan memberikan gambaran dengan teknologi Augmented Reality yang menampilkan ekspresi wajah 3D. Terdapat pula Game puzzle untuk merangsang daya pikir, meningkatkan konsenterasi anak, selain itu dapat mengasah otak. Metode Gillingham merupakan suatu metode pengajaran multisensoris yang dikenal juga sebagai metode VAKT (Visual, Auditory, Kinestetic and Tactile). Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian dengan menggunakan blackbox dan kuisioner dengan metode User Acceptance Test (UAT) yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa 20% mengatakan ragu-ragu, dan 80% mengatakan setuju terhadap aplikasi ekspresi tunarungu.} }