@thesis{thesis, author={Claudia Cindy}, title ={Implementasi Konsep Parenting Karakter Cheon Seojin Pada Ha Eun Byeol Di Bidang Pendidikan Seni Musik (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Drama Televisi “Penthouse” Season 1 Dan Season 2 )}, year={2021}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/5446/}, abstract={Penelitian ini berjudul “Implemetasi Konsep Parenting Karakter Cheon Seo Jin pada Karakter Ha Eun Byeol di Bidang Pendidikan Seni Musik (Analisi Semiotika Roland Barthes dalam Drama Televisi “Penthouse” season 1 dan season 2 )”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep parenting dalam bidang pendidikan seni musik pada drama televisi “Penthouse”. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah Teori Komunikasi Massa, Teori Komunikasi Pendidikan dan Analisis Semiotika oleh Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan subjek penelitian Drama Televisi ”Penthouse” yang durasi penayangannya 30 menit di tiap episode nya, Penthouse memiliki 44 episode untuk season 1 dan 27 episode untuk season 2. terdapat 18 scene sebagai objek yang akan dianalisis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pada drama televisi “Penthouse” terdapat banyak scene atau adegan yang akan mengandung pesan moral dan memberikan pesan bagaimana konsep parenting yang baik dan buruk. Beberapa pesan parenting yang terbagi melalui scene-scene yang peneliti pilih antara lain berisi tentang adanya hukum karma dan konsekuensi atas setiap perbuatan yang dilakukan. Kedua, Usaha dan kejujuran seseorang adalah penentu nasib baik atau buruk yang akan ia alami. Ketiga, seseorang dengan ambisi yang terlalu tinggi akan merugikan banyak orang karena lambat laun sikap tersebut akan membenarkan segala cara suapaya tujuannya tercapai, keempat drama televisi Penthouse ini berbicara tentang bagaimana dampak buruknya parenting dari seorang ibu yang terlalu keras pada anaknya sehingga menimbulkan penyakit mental pada sang anak.} }