@thesis{thesis, author={Syam Saputra Abadi}, title ={Pengaruh Inovasi Produk Dan Lokasi Usaha Terhadap Daya Saing Usaha Pada UKM Sentra Keripik Cimahi}, year={2017}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/577/}, abstract={Hasil survey pada UKM Sentra Keripik Cimahi menunjukan bahwa inovasi yaitu di bidang produk kurang bervarian dan lokasi usaha kurang strategis, selain itu daya saing usaha UKM tersebut sangat kuat. Beberapa faktor penyebab diantaranya adalah kurangnya inovasi yang dilakukan para pengusaha dan serta keadaan bahan baku yang susah didapat dan lokasi yang kurang strategis. Berdasarkan survey awal, didapatkan kurangnya jiwa kewirausahaan para pelaku usaha pada sentra tersebut, terlebih pada kurangnya kepercayaan diri dalam melakukan suatu inovasi baru bagi produk mereka. Kemudian pada keberhasilan usaha didapatkan, daya saing yang sangat kuat mengakibatkan UKM ini harus lebih handal dalam mengelola UKM. Karena kurangnya inovasi dan lokasi yang kurang strategis mengakibatkan UKM ini sulit untuk meningkatkan daya saing . Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh inovasi produk dan lokasi usaha terhadap daya saing usaha pada ukm sentra keripik cimahi. Populasi dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah para pengusaha keripik di Cimahi. Penentuan jumlah sampel menggunakan sampel jenuh karena jumlah pengusaha keripik yang terdapat pada sentra tersebut kurang lebih berjumlah 35. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jawaban skala 1 (Sangat tidak setuju) sampai dengan 5 (Sangat setuju). Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan, Secara parsial inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing usaha Sentra Keripik Cimahi dan lokasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing Sentra Keripik Cimahi. Serta secara simultan inovasi produk dan lokasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing. Sebaiknya inovasi produk yang kurang baik harus ditingkatkan agar tingkat keberhasilan usaha semakin tinggi dengan merubah sikap misalnya lebih inisiatif atau cepat tanggap dalam melihat peluang lalu menciptakan produk baru yang belum ada di pasar sehingga dapat menjadi market leader.} }