@thesis{thesis, author={Al Faruqi Muhamad Shaq}, title ={Sistem Informasi Marketplace Sebagai E-Promotion di Traveria}, year={2019}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/661/}, abstract={Pada dunia bisnis memerlukan media internet sebagai penghubung antara penjual dan pembeli dengan tidak dibatasi ruang dan waktu dalam melakukan transaksi secara langsung dalam memanfaatkan teknologi informasi. Permasalahan yang terjadi dimana tidak adanya suatu sarana yang dapat memberikan informasi paket wisata yang dibutuhkan secara langsung pada konsumen. Maka dalam membantu untuk mempromosikan suatu paket wisata dapat dibantu dengan membangun sistem informasi marketplace sebagai e- promotion sebagai media untuk mengenalkan produk atau jasa yang dapat membantu konsumen menemukan paket wisata yang tersedia dengan mudah dan memfasilitasi dalam memasarkan paket wisata dan bertransaksi secara langsung.Sistem informasi yang di bangun menggunakan metode penelitian eksploratif yaitu penelitian dengan tujuan menciptakan produk baru dari fakta yang ada. Dimulai dari analisis dan pengamatan sistem yang berjalan dengan cara wawancara dan observasi pada tempat penelitian agar mendapatkan data yang dibutuhkan agar sesuai kebutuhan perancangan. Kemudian dalam perancangan sistem tersebut menggunakan metode pendekatan berorientasi objek yang dimana alat bantunya terdiri dari Use Case, Skenario Use Case, Activity Diagram, Sequence Diagram, dll.Hasil Penelitian menunjukan membangun sistem informasi marketplace sebagai e-promotion berfungsi dalam mengenalkan suatu produk atau jasa yang dibutuhkan dalam informasi paket wisata dan bertransaksi secara langsung.} }