@thesis{thesis, author={Utami Sarah Nur}, title ={Strategi Komunikasi Corporate Communication Pt Bio Farma Bandung Melalui Prorgam Bio Digital Troops (Strategi Komunikasi Corporate Communication PT Bio Farma Bandung melalui Program Bio Digital Troops dalam Menyebarkan Informasi Vaksin kepada Masyarakat)}, year={2019}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/794/}, abstract={Maksud penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan Strategi Komunikasi Corporate Communication PT Bio Farma Bandung melalui Program Bio Digital Troops dalam Menyebarkan Informasi Vaksin kepada Masyarakat. Adapun sub fokus yang digunakan adalah Penelitian, Perencanaan dan Pelaksanaan. Pendekatan penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dokumentasi, serta studi pustaka adalah teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, diskusi teman sejawat, dan membercheck. Teknik analisa data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, Corporate Communication PT Bio Farma Bandung melakukan 1) Penelitian untuk mengetahui masalah atau fenomena yang terjadi dalam perusahaan maupun dilingkungan sekitarnya yakni jumlah karyawan generasi milenial yang akrab dengan internet melalui kemajuan teknologi dan media sosial saat ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas cakupan penyebaran informasi mengenai vaksin kepada masyarakat. 2) Perencanaan komunikasi dilakukan dalam mempersiapkan komunikator, pesan, media dan sasaran dalam program Bio Digital Troops untuk memberikan informasi mengensai vaksin secara lebih terarah dan tepat sasaran dan juga membekali dengan pengetahuan mengenai vaksin dan etika bermedia sosial 3) Pelaksanaan yang dilakukan oleh Corporate Communciation adalah assist dan feeding konten kepada Bio Digital Troops. Bio Digital Troops ini dibebaskan dalam waktu menggunggah konten dan dalam penyusunan pesan vaksin yang akan disampaikan sesuai dengan gaya masing-masing namun tetap informatif 4) Pengukuran yang dilakukan oleh Corporate Communciation dilakukan dengan melihat jumlah like, comment dan share pada unggahan Bio Digital Troops 5) Pelaporan yang dilakukan yakni dengan pertemuan yang dilakukan secara rutin yaitu 1 bulan sekali. Kesimpulan penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Corporate Communication melalui Program Bio Digital Troops ini telah berjalan melalui implementasi penelitian, perencanaan komunikasi dan pelaksanaan dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi masyarakat mengenai vaksin dan vaksinasi melalui sosial media pribadi Bio Digital Troops. Saran penelitian adalah agar Corporate Communication memberikan jadwal untuk mengunggah konten informasi vaksin kepada Bio Digital Troops agar informasi yang disampaikan lebih maksimal dan tidak mudah dilupakan oleh masyarakat.} }