@thesis{thesis, author={Prasetyo Muhammad Adhithyas}, title ={Perancangan Kampanye Sosial Bijak Memilih Dan Membeli Makanan Melalui Video Animasi 2d}, year={2023}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/8823/}, abstract={Salah satu kebutuhan manusia adala untuk memperoleh pangan yang cukup. Akan tetapi kelebihan pangan pada individu dapat menyebabkan suatu fenomena bernama food waste. Food Waste atau sampah makanan adalah makanan yang berkulitas baik dan layak dikonsumsi, namun tidak dikonsumsi dan dibuang oleh konsumen. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelian atau mengambil makanan berlebihan diluar dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Metode yang dilakukan pada penelitan ini berupa metode kualitatif dengan mencari data di lapangan atau observasi, studi Pustaka, wawancara. Pencarian data menggunakan media goole form atau menggunakan kuesioner dengan sampel remaja usia akhir di Kota Bandung untuk mengetahui perilaku ? perilaku masyarakat sehari ? hari terhadap pembentukan sampah makanan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa mayoritas masyarakat sudah memahami tentang sampah makanan, akan tetapi masyarakat tetap melakukan secara sadar maupun tidak sadar, yang permasalahannya yaitu mengambil atau membeli makanan secara berlebih diluar batas tubuh. Dari permasalahan diatas, maka solusi yang perlu dilakukan adalah merancang media berupa video animasi kampanye 2D, yang bertujuan untuk merubah perilaku dan pola pikir masyarakat terhadap pembentukan sampah makanan pada kehidupan sehari-hari agar lebih bijak memilih dan membeli makanan.} }