@thesis{thesis, author={Nurhidayat Rizki}, title ={Implementasi Animasi Augmented Reality untuk Pelestarian Situs Bersejarah di Kabupaten Subang}, year={2019}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/883/}, abstract={Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang dalam salah satu tanggung jawabnya adalah untuk mengupayakan pelestarian situs-situs bersejarah di Kabupaten Subang, Penelitian ini berfokus untuk membantu mengoptimalkan upaya tersebut. Dalam upaya pelestarian situs bersejarah di Kabupaten Subang terdapat masalah seperti penurunan minat masyarakat untuk mengunjungi pusat sejarah di Kabupaten Subang, keterbatasan luas jangkauan penyebaran informasi melalui media informasi yang digunakan, serta banyaknya ulasan sejarah yang tidak utuh. Maka dikembangkanlah aplikasi augmented reality untuk pelestarian situs bersejarah di Kabupaten Subang sebagai sarana publikasi alternatif untuk memaksimalkan penyebaran informasi sejarah lokal. Diantara keuntungan menggunakan Augmented reality dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah sistem yang memberikan interaksi lebih kepada pengguna sehingga dapat menarik minat pengguna, menyebarkannya secara daring sehingga dapat meningkatkan jangkauan informasi, dan menyisipkan informasi secara utuh. Metode pembangunan perangkat lunak yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cycle Luther–Sutopo. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi ini dapat digunakan sebagai media informasi interaktif untuk pelestarian situs bersejarah di Kabupaten Subang.} }