@thesis{thesis, author={Nurhidayat Hamdan}, title ={Pola Komunikasi Pimpinan Pt. Fajar Puncak Pratama (Tupperware-Bandung)(Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Pimpinan PT. Fajar Puncak Pratama (Tupperware-Bandung) dalam Memotivasi Karyawan PT. Fajar Puncak Pratama (Tupperware-Bandung) Di Kota Bandung}, year={2018}, url={http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/89/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Pimpinan PT.Fajar Puncak Pratama (Tupperware-Bandung). Penelitian ini untuk menjawab tujuan penelitian maka fokus penelitian adalah mengenai pola komunikasi yang dilihat dari proses komunikasi, hambatan komunikasi dan jaringan komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan penelitian ini sebanyak 5 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang di lakukan penulis dengan melakukan wawancara secara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh oleh penulis dalam penelitian ini, bahwa pola komunikasi dilihat dari proses, hambatan komunikasi dan jaringan komunikasi. Proses komunikasi berupa pendekatan melalui komunikasi lisan secara bertahap dan memberikan semangat. Hambatan komunikasi dilihat dari waktu, situasi dan kondisi dimana hambatan komunikasi dapat dicegah dan diminimalisir. Jaringan komunikasi terbentuk di dalam internal perusahaan dengan struktur jaringan komunikasi berbentuk roda. Kesimpulan pola komunikasi pimpinan PT. Fajar Puncak Pratama (Tupperware-Bandung) dalam memotivasi karyawan PT. Fajar Puncak Pratama (Tupperware-Bandung )adalah Pimpinan PT. Fajar Puncak Pratama (Tupperware-Bandung) yang mendekati karyawannya dengan cara bertahap dengan selalu memberikan semangat kepada karyawannya Saran bagi pimpinan PT. Fajar Puncak Pratama (Tupperware-Bandung) adalah dengan menerapkan cara yang lebih medidik karyawannya.} }