@thesis{thesis, author={ASTUTI MUJI}, title ={IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK (STUDI KASUS SMK PGRI 2 TUREN MALANG)}, year={2022}, url={http://elibs.unigres.ac.id/1151/}, abstract={Pendidikan karakter suatu system penanaman nilai-nilai (karakter) kepada warga sekolah yang meliputi pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi insan kamil. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter di SMK PGRI 2 Turen Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 2 Turen Malang, Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sebagai obyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, BK dan guru yang ada di SMK PGRI 2 Turen Malang dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil wewancara dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SMK PGRI 2 Turen diintegrasikan kedalam setiap unsur penunjang pendidikan, baik itu isi kurikulum, pengelolaan pembelajaran, proses dan penilaian dalam pembelajaran, pengelolaan sekolah dan kegiatan intra maupun ekstra kurikuler yang diselenggarakan di SMK PGRI 2 Turen tersebut, demi terwujudnya Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain : a. Membaca Asmaul Husna, Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, shalat dhuzur berjamaah, yasinan, ceramah agama, kultum, dan peringatan hari besar Agama, kegiatan keagamaan lainnya), b. Upacara Bendera, peringatan hari-hari Besar Nasional, Memajangkan Foto Pahlawan di setiap kelas, memanyikan lagu wajib nasional, dan lain sebagainya, c. Bekerjasama dalam pembelajaran seperti bekerja Kelompok, musyawarah untuk mencapai mufakat dalam organisasi sekolah, gotong royong di minggu ke tiga setiap hari sabtu, d. Senam Pagi setiap hari Sabtu pagi, e. Literasi, f. Budaya ?Ada Sampah Langsung Ambil.} }