@thesis{thesis, author={UMAN ASHLAH FAKHRUL}, title ={PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO}, year={2023}, url={http://elibs.unigres.ac.id/1334/}, abstract={ABSTRAK Ashlah Fakhrul Uman 2023. ?Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro?. Tesis. Pembimbing : (1) Dr. Suyitno. SE, M.Pd. (2) Dr. H. Rochmanu Fauzi, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah kepemimpinan Kepala Sekolah, lingkungan sekolah berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru?, (2) Apakah kepemimpinan, lingkungan sekolah berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru? dan (3) Di antara kepemimpinan Kepala Sekolah dan lingkungan kerja manakah yang berpengaruh dominan terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro? Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1) Pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru, (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap kinerja guru, dan (3) pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi sebanyak 79 guru SMP Negeri di Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro diambil 49 orang sebagai sampel. Metode pengumpulan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier, analisis regresi ganda menggunakan aplikasi SPSS for Windows Release 14.0. Hasil penelitian : (1) Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, kontribusi pada kinerja guru sebesar 30,4%, (2) Lingkungan Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, kontribusi pada kinerja guru sebesar 48,9%, (3) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, kontribusi sebesar 49,2% Dinas Pendidikan dapat memanfaatkan hasil temuan guna penetapan kebijakan makro terkait peningkatan kinerja guru. Sebagai acuan bagi sekolah untuk pengambilan kebijakan mikro terkait peningkatan kinerja guru, dan dapat dijadikan acuan penetapan kebijakan operasional terkait peningkatan kinerja guru} }