@thesis{thesis, author={Fatimah Elly}, title ={IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERENCANAAN BERBASIS DATA DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (STUDI MULTI KASUS DI SMPN 2 PANDAAN DAN SMP MAARIF PRIGEN)}, year={2023}, url={http://elibs.unigres.ac.id/2272/}, abstract={Implementasi adalah pengangejahwantahan atau tindakan perwujudan suatu program dalam pelaksanaan kegiatan. Manajemen menurut PPM scholl of Managemen adalah proses pengorganisasian, pengaturan, pengelolaan SDM, sampai dengan pengendalian agar bisa mencapai tujuan dari suatu kegiatan. Manajemen ini sangat diperlukan untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Dengan manajemen maka akan bisa membuat bisnis menjadi lebih berkembang karena dijalankan secara struktural dan procedural. Lebih jauh dipelajari managemen bukan hanya dalam bisnis, melaikan digunakan pula istilah ini di dalam suatu lembaga, diantaranya lembaga pendidikan. Diharapkan dengan pengolahan menegemen yang baik dan terstruktur, akan membawa perubahan suatu lembaga menjadi lebih maju dan bermutu. Sebuah lembaga akan membuat suatu Perencanaan untuk malaksanakan kegiatan dalam kurun waktu tertentu, perencanaan yang dibuat tentunya didasarkan pada evaluasi kegiatan sebelumnya dimana dalam evaluasi tersebut tentunya akan ada kelebihan dan kekurangannya. Jika pada evaluasi program menemukan kekurangan atau kegagalan dalam pelaksanaan kegiatan maka program tersebut akan menjadi prioritas bagi perencanaan berikutnya dengan menganalisa kegiatan yang sudah berjalan, sehingga program tersebut bisa diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya sedangkan apabila suatu kegiatan ditemukan adanya keberhasilan maka kegiatan tersebut dapat diprogramkan kembali dan ditingkatkan lagi kualitasnya. Apabila penyusunan perencanaan menggunakan data-data awal untuk melaksanakan program berikutnya dalam suatu managemen maka disebut dengan perencanaan berbasis data. Pada akhirnya managemen yang menggunakan perencanaan berbasis data akan dapat meningkatkan kinerjanya, karena perencanaan tersebut menggunakan data yang sesuai dengan keadaan sebelumnya. Dan apabila diterapkan di lembaga pendidikan atau sekolah maka sekolah tersebut akan dapat meningkatkan kualitasnya. Jika kualitas sekolah semakin meningkat maka mutu sekolah juga akan meningkat dan kepercayaan masyarakanpun tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mutu sekolah adalah kemampuan sekolah dalam pengelolaan secara operasional dan efisien terhadap komponen-komponen atau bagian-bagian yang berkaitan dengan sekolah, sehingga menghasilkan nilai tambah terhadap komponen tersebut dan memiliki norma/standard yang lebih tinggi dari norma yang berlaku.} }