@thesis{thesis, author={Abidin Zainal}, title ={PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT INTAN MEDIKA LAMONGAN}, year={2021}, url={http://elibs.unigres.ac.id/817/}, abstract={Dalam usahanya untuk meningkatkan kepuasan pasien, rumah sakit perlu untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Untuk mencapai efektivitas, rumah sakit perlu melakukan pengukuran dari pelaksanaan kualitas pelayanan tersebut. Pengukuran itu dapat dilakukan dengan menggunakan indikator non finansial yaitu kepuasan pasien. Rumusan masalah yang di ajukan dalam penelitian ini apakah kualitas pelayanan dan fasilitas secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan rumah sakit Intan Medika Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan rumah sakit Intan Medika Lamongan secara parsial dan simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat Jalan rumah sakit Intan Medika Lamongan sebanyak 75 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling dengan metode Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah Variabel Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan rumah sakit Intan Medika Lamongan Hal ini di buktikan dari nilai Fhitung (39,040) > Ftabel (3,12). dan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari alpha=0,05} }