@thesis{thesis, author={Hanifah Hanifah}, title ={KONTRIBUSI MANAJEMEN PEMBIAYAAN DAN PEMANFAATAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI GUGUS III PURWOSARI PASURUAN}, year={2021}, url={http://elibs.unigres.ac.id/917/}, abstract={Adanya manajemen pembiayaan pendidikan bertujuan guna mencapai mutu sekolah yang diharapkan. Implementasi manajemen pembiayaan pendidikan di sekolah harus melalui tahapan perencanaan pembiayaan pendidikan, tahapan pelaksanaan pembiayaan, dan pengawasan pembiayaan pendidikan guna menunjang fasilitas pembelajaran sebagai faktor yang mempengaruhi mutu sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen pembiayaan terhadap peningkatan mutu sekolah dan mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas pendidikan terhadap peningkatan mutu sekolah serta mengetahui pengaruh manajemen pembiayaan dan pemanfaatan fasilitas pendidikan terhadap peningkatan mutu Sekolah di Gugus III Purwosari Pasuruan. Metode penelitian kuantitatif dalam jenis penelitian survei, kuantitatif, deskriptif dengan model penelitian korelasi pengumpulan data menggunakan instrumen. Penelitian ini menggunakan sampel, karena sampel menrupakaan wakil dari populasi maka mencerminkan populasinya. Dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi karena jumlahnya kecil. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 sampel. Penelitian ini akan mengikuti prosedur penelitian agar layak digunakan dengan melakukan uji validitas dan uji reliabelitas. Dalam penelitian ini dihasilkan hasil analisis regresi linier berganda adalah sebagai berikut : 1) Manajemen Pembiayaan berdampak pada Pemanfaatan Fasilitas Pendidikan, hal ini dilihat dari uji t dimana nilai t-hitung yang dihasilkan sebesar 3,650 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001. Karena tingkat signifikan yang dihasilkan kurang dari 5%, maka dapat disimpulkan bahwa Manajemen Pembiayaan sekolah (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Mutu Sekolah (Y), dan besarnya pengaruh Manajemen Pembiayaan sekolah (X1) terhadap Peningkatan Mutu Sekolah (Y) adalah 26,52%. 2) Pemanfaatan Fasilitas Pendidikan berdampak pada Peningkatan Mutu Sekolah, hal ini dilihat dari uji t dimana nilai t-hitung yang dihasilkan sebesar 2,841 dengan tingkat signifikan sebesar 0,007. Karena tingkat signifikan yang dihasilkan kurang dari 5%, maka dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan Fasilitas Pendidikan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Mutu Sekolah (Y), dan besarnya Pemanfaatan Fasilitas Pendidikan (X2) terhadap Peningkatan Mutu Sekolah (Y) adalah 17,89%. 3) Hasil uji secara simultan dapat dilihat dari nilai Fhitung yang dihasilkan sebesar 10,041 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 5%. Hal ini menunjukkan bahwa Manajemen Pembiayaan sekolah yang baik dan diimbangi oleh Pemanfaatan Fasilitas Pendidikan yang tinggi maka Peningkatan Mutu Sekolah akan semakin baik.} }