@thesis{thesis, author={Dewi Elis Ratna}, title ={HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI GUSLAH I KECAMATAN KEJAYAN KABUPATEN PASURUAN}, year={2021}, url={http://elibs.unigres.ac.id/924/}, abstract={Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada Hubungan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap Profesionalisme guru di Guslah I Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan ?,(2) Apakah ada Hubungan dari motivasi kerja guru terhadap Profesionalisme guru di Guslah I Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan?dan (3) Apakah ada Hubungan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja para guru terhadap Profesionalisme guru di Guslah I Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan ?, sehingga tujuan dari penelitian adalah untuk menjawab pertanyaan dari penelitian tersebut. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru yang bekerja di Guslah I Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan sebanyak 75 orang, dengan sampel populasi yang digunakan atau sampel keseluruhan dari populasi sebanyak 75 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner untuk data primer penelitian dan metode survei arsip data untuk data sekunder. Teknik analisis yang digunakan terdiri dari uji asumsi klasik dan analisis regresi yang digunakan untuk mengetahui Hubungan dari setiap variabel bebas terhadap variabel terikat penelitian, dimana pada operasional analisisnya digunakan bantuan dari program SPSS for Windows 16.00. Hasil analisis regresi diketahui terdapat Hubungan yang signifikan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap Profesionalisme guru secara parsial. Hal ini dibuktikan dengan nlai t hitung Hubungan sebesar 3,55 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,684 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001. Hubungan dari motivasi kerja guru secara parsial terhadap Profesionalisme guru juga terbukti berHubungan dan signifikan, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 6,055 (> t tabel = 1,684) dengan tingkat signifikansi 0,000. Dari uji model regresi, didapatkan model persamaan regresi Hubungan dari kedua variabel terhadap variabel Profesionalisme dengan model persamaan Y = 0,315X1 + 0,538X2. Secara bersama-sama, kedua variabel terbukti berHubungan terhadap Profesionalisme guru terbukti dari hasil uji nilai F yang mendapatkan hasil nilai F hitung sebesar 39,878, lebih besar dari nilai F tabel sebesar 25,118. Koefisien determinasi yang diperlihatkan dari uji R2 yang mendapatkan besaran nilai 0,512 mengindikasikan bahwa kontribusi kedua variabel terhadap perubahan yang dialami variabel Profesionalisme tinggi. Hasil-hasil tersebut mengindikasikan bahwa setiap hipotesis yang diajukan dapat diterima, dimana baik secara parsial maupun secara simultan kedua variabel bebas yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru berHubungan secara signifikan terhadap variabel Profesionalisme guru. Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk dapat meningkatkan Profesionalisme guru, maka peningkatan terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi bekerja para guru perlu ditingkatkan terlebih dahulu. Prioritas utama peningkatan adalah pada motivasi bekerja guru itu sendiri karena variabel ini terbukti memiliki Hubungan yang lebih besar dari Hubungan yang diberikan variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah} }