@thesis{thesis, author={Harianto Harianto}, title ={PERAN WALI MURID DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan)}, year={2021}, url={http://elibs.unigres.ac.id/929/}, abstract={Peran Wali Murid adalah sebagai guru sekaligus tauladan yang membimbing belajar siswa dalam keluarga untuk mewujudkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dapat tercapai apabila wali murid ikut memberikan peran pendidikan siswa dalam belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peran wali murid dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kedua untuk mengetahui kendala yang dihadapi wali oleh wali murid dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Sarirejo Lamongan. Ketiga untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh wali murid untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Sarirejo Lamongan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam observasi partisipan dan studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan peran wali murid memberikan perhatian, memotivasi serta memberikan fasilitas belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil nilai raport siswa per semester. Adanya peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan peran orang tua memberikan perhatian, pengawasan verbal dan non verbal, mendampingi belajar, mengontrol kegiatan belajar dan memenuhi fasilitas belajar kepada anak sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kesuksesan anak dalam belajar. Hasil penelitian kedua menunjukkan ada kendala dan hambatan wali murid dengan keterbatasan pengetahuan atau pendidikan yang rendah, waktu luang untuk bertemu anak dan kondisi finansial keluarga dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ketiga adanya upaya orang tua meningkatkan perhatian mendampingi belajar, memotivasi anak dengan memberikan pujian dan hadiah serta memenuhi segala kebutuhan sekolah anak dalam meningkatkan hasil belajar siswa.} }