@thesis{thesis, author={Nasih F Nasih F}, title ={MOTIVASI KERJA GURU YANG HARMONIS DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA}, year={2021}, url={http://elibs.unigres.ac.id/937/}, abstract={Motivasi merupakan hal yang sangat penting dalam lembaga pendidikan. Guru akan bekerja secara maksimal apabila memiliki motivasi yang tinggi, ia akan memperlihatkan minat, perhatian dan keikutsertaannya dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana motivasi kerja guru yang harmonis di SMAS NU 1 Model Karang Geneng dan SMAS Sunan Drajat Sugio di Kabupaten Lamongan; (b) bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yang harmonis di SMAS NU 1 Model Karang Geneng dan SMAS Sunan Drajat Sugio di Kabupaten Lamongan; dan (c) bagaimana prestasi belajar siswa di SMAS NU 1 Model Karang Geneng dan SMAS Sunan Drajat Sugio di Kabupaten Lamongan. Pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Temuan penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa: (1) motivasi kerja guru yang harmonis adalah baik, karena guru sangat bersemangat, rajin, penuh kekeluargaan, saling menghargai satu sama lain, lingkungan kerja sekolah kondusif, memiliki motivasi kerja yang harmonis, lingkungan kerjanya harmonis dan ada hubungan kerja yang harmonis; (2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yang harmonis adalah dengan pendekatan kepemimpinan yang harmonis, kepala sekolah hadir ditengah-tengah guru, dekat dengan guru, hubungan kerja yang harmonis tercipta, dan guru sadar terhadap tugas yang menjadi tanggung jawabnya; dan (3) prestasi belajar siswa sangat baik, dan memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik, karena siswa mempunyai kebiasaan sangat bersemangat dan antusiasme di kelas dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.} }