@thesis{thesis, author={Basorah Muhamad}, title ={IMPLEMENTASI MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI TK PLUS GAPURO GRESIK}, year={2022}, url={http://elibs.unigres.ac.id/963/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator untuk meningkatkan kinerja guru di TK plus gapuro. Pertanyaan ini yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi/penerapan model kepemimpinan oleh kepala sekolah sebagai administrator untuk meningkatkan kinerja guru melalui dua model kepemimpinan yaitu model transformasional (berorientasi hubungan) dan model transaksional (berorientasi tugas) di TK Plus Gapuro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan peneliti terjun langsung ke lapangan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara semi terstruktur. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan enam guru TK Plus Gapuro Gresik dengan penerapan metode wawancara. Data observasi melalui pengamatan peneliti terkait dengan kondisi sekolah yang berkaitan dengan tujuan dari penelitian ini. Sedangkan data dokumentasi berisi tentang gambaran umum sekolah, visi dan misi sekolah, jumlah guru dan siswa di sekolah, dan lain-lain. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data (pemilihan data secara mentah), penyajian data (kumpulan informasi yang telah disusun untuk diambil kesimpulan), verifikasi (penarikan kesimpulan). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam implementasi model kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator untuk meningkatkan kinerja guru di TK Plus Gapuro. Diantaranya: (1) penerapan model kepemimpinan kepala sekolah dengan model kepemimpinan yang terdiri dua model kepemimpinan yaitu transformasional (berorientasi hubungan) dan transaksional (berorientasi tugas) dinilai seimbang, (2) implementasi kepemimpinan secara transaksional di nilai kurang sesuai antara imbalan dengan kinerja guru, (3) upaya kepala sekolah sebagai administrator dinilai baik, salah satunya dengan mengikutkan para guru pelatihan.} }