@thesis{thesis, author={Viranda Vidia Rahma}, title ={PENGARUH PENGUATAN VERBAL DAN NON VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI TK ISLAM AL MUCHLISIN GRESIK}, year={2022}, url={http://elibs.unigres.ac.id/965/}, abstract={Upaya perubahanperilaku seseorang setelah memperoleh pendidikan bertujuan membawa kualitas pendidikan menjadi lebih baik.Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kegiatan belajar adalah keterampilan guru berupa pemberian penguatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penguatan verbal dan non verbal terhadap hasil belajar siswa di TK Islam Al Muchlisin Gresik. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguatan verbal dan non verbal terhadap hasil belajar siswa di TK Islam Al Muchlisin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 53 siswa TK B di TK Islam Al Muchlisin Gresik. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji analisis linier berganda, menunjukkan bahwa: (1) Penguatan verbal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa TK B di TK Islam Al Muchlisin, ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,052 > 2,009(t tabel) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai sumbangan efektif 25,5 %. (2) Penguatan non verbal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa TK B di TK Al Muchlisin, ditunjukkan dengan nilai t hitung 3,221> 2,009 (t tabel) dengan nilai signifikansi0,002< 0,05 dan nilai sumbangan efektif sebesar 13,5 %. (3) Penguatan verbal dan non verbal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa TK B di TK Islam Al Muchlisin, ditunjukkan dengan nilai F hitung 10,190 > 3,172 (F tabel) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai R Koefisien Determinasi sebesar 39%.} }