@thesis{thesis, author={Ardiani Merdekawati Ajeng Is and Subkhan Muhammad and Syaflan Meidi}, title ={IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X ANALISIS PENGUJIAN LABORATORIUM 1 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 CANGKRINGAN}, year={2019}, url={http://eprint.stieww.ac.id/1078/}, abstract={Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penyebab nilai Bahasa Inggris siswa kelas X APL 1 di SMK Negeri 1 Cangkringan kurang, 2) Untuk mendapatkan cara agar nilai bahasa Inggris dapat meningkat sesuai dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpalan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dalam pelajaran bahasa Inggris sebelum menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 52,50 sedangkan standar KKM yang ditentukan oleh MGMP Bahasa Inggris adalah 70, jadi nilai bahasa Inggris siswa kelas X APL 1 SMK N 1 Cangkringan jauh dari standar KKM yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan data yang diperoleh melalui penelitian tindakan kelas, pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa. Kriteria taraf keberhasilan dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 78 dengan ketuntasan 70% dan nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus II yaitu 84,5 dengan ketuntasan 90%. Kata kunci: pendekatan kontekstual, prestasi belajar bahasa Inggris} }