@thesis{thesis, author={Priyastiwi Priyastiwi and Utami Devi Putri}, title ={ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI MAHASISWA, GAYA BELAJAR MAHASISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN PADA MAHASISWA STIE WIDYA WIWAHA YOGYAKARTA PROGRAM STUDI AKUNTANSI}, year={2020}, url={http://eprint.stieww.ac.id/1132/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi mahasiswa, gaya belajar mahasiswa, dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan pada mahasiswa STIE Widya Wiwaha Yogyakarta program studi akuntansi dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar akuntansi keuangan mahasiswa STIE Widya Wiwaha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Widya Wiwaha program studi akuntansi. Dengan teknik purposive sampling, artinya metode penarikan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu yang disesuaikan dengan kriteria yang ditentukan peneliti yang dilakukan secara random. Oleh hal tersebut karakteristik yang ditentukan oleh peneliti dalam pengambilan sampel mempunyai kriteria sebagai yaitu mahasiswa yang mengambil program studi akuntansi, mahasiswa yang sudah mengambil akuntansi keuangan menengah, dan pernah atau tidak mengambil semester pendek. Metode Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Variabel kompetensi mahasiswa diukur menggunakan pengetahuan (knowledge) dan kemampuan (skill), variabel gaya belajar diukur secara auditory,visual, dan kinestetik, sedangkan variabel motivasi belajar diukur dari hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita, kegiatan yang menarik dalam belajar, dan lingkungan yang kondusif Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kompetensi mahasiswa dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Dan untuk gaya belajar tidak berpengaruh postif terhadap prestasi belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah apabila kompetensi mahasiswa dan motivasi belajar tinggi maka akan meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini masih memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan, penelitian ini menyatakan penelitian purposive sampling artinya metode penarikan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu yang disesuaikan dengan kriteria yang ditentukan peneliti. Selain itu, keterbatasan waktu juga menjadi salah satu ketidaklengkapannya data sehingga tidak dapat dijadikan sebagai variabel penelitian, seperti minat dan sikap mahasiswa, konsentrasi belajar, intelegensi dan fasilitas belajar. Kata Kunci : Kompetensi Mahasiswa, Gaya Belajar Mahasiswa, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar} }