@thesis{thesis, author={Priyastiwi Priyastiwi and Setyawati Yuni}, title ={PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA OVERHEAD PABRIK TERHADAP PENCAPAIAN LABA BERSIH PERUSAHAAN DENGAN PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING}, year={2020}, url={http://eprint.stieww.ac.id/1136/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh biaya promosi dan biaya overhead pabrik terhadap laba bersih perusahaan dengan penjualan sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan pada Industri manufaktur barang konsumsi yang terdaftar pada BEI tahun 2016-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder laporan keuangan Industri manufaktur barang konsumsi tahun 2016-2018. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel independen (X1 dan X2) dimana X1 yaitu biaya promosi dan X2 yaitu biaya overhead pabrik, satu variabel intervening (Z) yaitu penjualan dan satu variabel dependen (Y) yaitu pencapaian laba bersih perusahaan. Alat pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah IBM SPSS statistik 20. Berdasarkan hasil analisis jalur path biaya promosi dapat mempengaruhi laba bersih secara tidak langsung melalui penjualan adalah sebesar p1 x p5 = 0,485 x 0,349 = 0,168 dan biaya overhead pabrik juga dapat mempengaruhi laba bersih secara tidak langsung melalui penjualan adalah sebesar p2 x p5 = 0,505 x 0,349 = 0,176. Kata kunci : Biaya promosi, Biaya overhead pabrik, Penjualan, Laba bersih perusahaan, Manufaktur barang konsumsi} }