@thesis{thesis, author={Romyati Elvia and Tjahjono Achmad and Widayat Wahyu}, title ={PEMANFAATAN BUKU TEKS DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI I KEBUMEN TAHUN 2019}, year={2019}, url={http://eprint.stieww.ac.id/810/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang (1) Makna buku teks bagi guru dalam pembelajaran matematika di SMK Negeri I Kebumen; (2) Kriteria pemilihan buku teks bagi guru dalam pembelajaran matematika di SMK Negeri I Kebumen; (3) Pemanfaatan buku teks bagi guru dalam proses pembelajaran matematika di SMK Negeri I Kebumen; dan (4) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan buku teks pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri I Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri atas informan (guru-guru matematika), dokumen (buku teks), tempat dan peristiwa (kelas dan kegiatan pembelajaran). Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tiga tahapan analisis, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks memiliki makna yang penting bagi guru. (1) Buku teks dapat berfungsi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran matematika karena di dalamnya terdapat materi, ilustrasi-ilustrasi, dan beragam evaluasi, sehingga tujuan pembelajaran matematika dapat tercapai secara optimal. (2) Kriteria pertama pemilihan buku teks didasarkan pada relevansi materi yang terkandung dalam buku teks dengan struktur kurikulum. Kriteria berikutnya dilihat dari kelengkapan materi, banyaknya ilustrasi, dan beragamnya latihan dan evaluasi. (3) Pada pembelajaran matematika, ada dua jenis pemanfaatan buku teks, yakni pemanfaatan buku teks yang siswanya telah memiliki buku dan pemanfaatan buku teks pada siswa yang tidak memiliki buku. Siswanya tidak memiliki buku teks, buku teks dimanfaatkan dengan cara dipinjamkan kepada siswa. (4) Kendala dalam pemanfaatan buku teks yaitu harga yang relatif mahal, keterbatasan jumlah buku teks, belum optimalnya pemanfaatan perpustakaan, dan terbatasnya penggunaan teknologi informasi dari internet. Kendala-kendala ini menjadi faktor yang menghambat pemanfaatan buku teks secara maksimal.} }