@thesis{thesis, author={Wijaya Satria Hangga - 075410067}, title ={APLIKASI PERMAINAN LABIRIN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SENSOR GERAK}, year={2015}, url={https://eprints.akakom.ac.id/127/}, abstract={Aplikasi yang paling popular dalam industri mobile devices adalah game, nyaris tidak ada mobile phone yang tidak punya fitur game. Saat ini terdapat sistem operasi baru untuk Smartphone yaitu android. Game yang akan dibangun adalah game labirynth untuk mobile phone yang menggunakan sistem operasi android. Game labirynth merupakan sebuah puzzle dalam bentuk percabangan jalan yang kompleks dan memiliki banyak jalan buntu. Tujuan permainan ini adalah pemain harus menemukan jalan keluar dari sebuah pintu masuk ke satu atau lebih pintu keluar. Bisa juga kondisi pemain menang yaitu ketika dia mencapai suatu titik di dalam labirynth tersebut, yaitu pintu keluar. Implementasi game ini dibuat dengan menggunakan Game Maker versi 1.2.1130 berbasis sistem operasi windows, Android Kitkat 4.4 dan Inkscape version 2 dengan memanfaatkan sensor accelerometer. Sensor accelerometer dipakai untuk mendeteksi apakah dalam mode landscape atau portrait. Uji coba aplikasi ini dengan menggunakan perangkat android. Dari uji coba dapat disimpulkan aplikasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai sebagaimana mestinya. Kata Kunci : accelerometer , android, game, labirynth, Smartphone} }