@thesis{thesis, author={Abdullah Achmad Syarif - 175610099}, title ={PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM NON PLAYABLE CHARACTER DENGAN METODE WAYPOINT}, year={2021}, url={https://eprints.akakom.ac.id/9463/}, abstract={Pada saat ini gim mengalami perkembangan yang sangat pesat, mulai dari penambahan jumlah pengguna hingga penambahan genre baru pada gim memperlihatkan minat yang tinggi. Mobile game merupakan salah satu jenis gim yang berkembang pada saat ini dikarenakan jumlah perangkat mobile yang semakin banyak digunakan. Pada perkembanganya, gim dituntut untuk memberikan kesenangan dan tantangan yang memberikan sensasi tersendiri bagi penggunanya. Non Playable Character atau NPC yang merupakan salah satu komponen pelengkap pada gim yang sangat penting. Salah satu gim genre yang popular hingga sekarang adalah genre balap (racing). Faktor-faktor yang menunjang kepopuleran genre ini diantaranya yaitu kecepatan melaju yang memberikan pengalaman mengasyikkan, variasi lintasan yang menarik, dan juga berbagai tantangan baru Pada saat ini terdapat banyak jenis AI yang mulai diterapkan pada NPC di dalam sebuah gim, khususnya dalam gim bergenre racing atau balapan. Hal ini dikarenakan dalam gim jenis ini, pemain diminta untuk melewati garis finish di urutan pertama untuk memenangkan jenis gim ini dan NPC merupakan lawan yang harus dilewati oleh pengguna. Kecerdasan buatan digunakan untuk membantu NPC dalam mencari mengetahui rute dari suatu track dalam balapan. Dengan digunakannya AI, diharapkan NPC bisa memberikan sebuah interaksi yang dinamis saat melakukan balapan. Mini Racing merupakan sebuah gim racing yang dikembangkan dan mengandung kecerdasan buatan didalamnya. Gim ini menerapkan algoritma waypoint sebagai kecerdasan buatan terhadap NPC. Kata kunci: Algoritma Waypoint, Kecerdasan Buatan, NPC, Racing Game,} }