@thesis{thesis, author={Ramadhan Abang Muhammad Husna - 195410252}, title ={APLIKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN SANDI SEMAPHORE PRAMUKA}, year={2021}, url={https://eprints.akakom.ac.id/9500/}, abstract={Augmented Reality (AR) adalah teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Salah satu aplikasi atau Software Development Kit (SDK) untuk perangkat mobile yang dapat digunakan dalam membuat aplikasi AR yaitu Vuforia SDK. Vuforia merupakan AR editor yang dikembangkan oleh Qualcomm bekerja dengan prinsip mengenali target gambar (image target/marker) yang dapat menampilkan objek 3D. Image Target merupakan salah satu teknologi tracking yang menggunakan gambar sebagai markernya. Proses tracking ini menggunakan tekstur gambar atau penanda objek dua dimensi yang memiliki suatu pola yang disimpan dalam database sebagai sumber referensinya dan membandingkan tekstur yang tertangkap oleh kamera perangkat dengan tekstur yang ada di database marker. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi media pembelajaran tentang pose sandi semaphore yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dengan menggunakan Library Vuforia SDK dan metode image Target agar informasi dapat di tampilkan secara virtual dengan objek 3D. Dari hasil pengujian dan pengamatan yang dilakukan pada aplikasi Pengenalan Sandi Semaphore ini menunjukkan bahwa aplikasi mampu mendeteksi marker sesuai harapan, dan dapat memunculkan objek 3D sesuai dengan marker yang discanning. Berdasarkan hasil dan implementasi yang telah dilakukan pada Aplikasi Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality sebagai Pengenalan Sandi Semaphore dengan metode image target berbasis android, dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat menampilkan pose sandi semaphore dari A sampai Z dengan jumlah total 26 objek 3D berdasarkan masing-masing marker atau image target.Aplikasi dapat mendeteksi marker pada layar laptop, smartphone, dan kertas dengan catatan keseluruhan marker tertampil dan tidak ada bagian hilang atau detail pola yang berubah sehingga membuat aplikasi dapat melakukan scanning. Aplikasi dapat mendeteksi marker pada warna yang berbeda dengan catatan marker memiliki kontras serta detail yang baik dan pola gambar yang sama dengan marker yang telah tersimpan pada database. Aplikasi dapat mendeteksi lebih dari 1 marker dengan menjajarkan 5 marker sekaligus dalam satu waktu. Tidak disarankan untuk mendeteksi beberapa marker secara bersamaan, karena semakin banyak marker yang terdeteksi akan meningkatkan beban komputasi pada devices. Kata Kunci : Augmented Reality, Image Target, Marker, Media Pembelajaran, Sandi Semaphore, Vuforia SDK} }