@thesis{thesis, author={AZQIAQ BAIQ AGISNI HIMAYATUL}, title ={PEMBERIAN KONSELING LOGOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN POTENSI DIRI PADA SISWA KELAS X DI SMA ISLAM ULIL AL-BAAB TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3111/}, abstract={Baiq Agisni Himayatul Azqiaq. (2018). “Pemberian konseling Logoterapi untuk meningkatkan pemahaman potensi diri pada siswa kelas X di SMA ISLAM ULIL AL BAAB tahun pelajaran 2017/2018” Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I: Suhartiwi, M.Pd, Kons. Dan pembimbing II: Dra. Marfu’atun, M.Pd. Kata kunci: konseling Logoterapi untuk meningkatkan pemahaman potensi diri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling Logoterapi untuk meningkatkaan pemahaman potensi diri pada siswa kelas X di SMA Islam Ulil Al Baab tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan satu orang siswa yang memiliki tingkat pemahaman potensi diri yang rendah yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling Logoterapi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan sekor rata-rata 60 dan pada fase intervensi mendapatkan sekor rata-rata 65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling Logoterapi untuk meningkatkan pemahaman potensi diri siswa kelas X SMA Islam Ulil Al Baab tahun pelajaran 2017/2018.} }