@thesis{thesis, author={SUSMALINA BONI}, title ={PENGARUH PENDEKATAN LOGOTERAPI DALAM MENGATASI SISWA BERKEPRIBADIAN INTROVERT DI MA BIRRUL WALIDAIN NW RENSING TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3124/}, abstract={Boni Susmalina (2017) “Pengaruh pendekatan logoterapi dalam mengatasi siswa berkepribadian Introvert di MA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi ,jurusanIlmuPendidikan, program studiBimbingandanKonselingUniversitasHamzanwadi. Dr. Syukri. M, AP. KonsPembimbing I danHj. Dukha Yunitasari, M. Pd Pembimbing II. Kata-kata Kunci :Pendekatan Logoterapi dan Introvert Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling logoterapi dalam mengatasi masalah siswa berkepribadian introvert dikelas X.1 MA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini Eksperimen dengan desain penelitian eksperimen subjek tunggal (Single Subject Tunggal). Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas X.1. Teknik pengumpulan data menggunakan angket siswa berkepribadian introvert dan analisis dengan menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan data kuantitatif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum diberikan konseling individual yang diperolah menggunakan angket siswa berkepribadian introvert dengan total skor 68 yang termasuk pada kategori introvert karena berada pada rentang 60 s/d 78. Berdasarkan karakteristik siswa yang introvert yaitu: (1) Subjekmerasamateripelajarancepatsaya di pahamidankuasaiketikaberfikirsendiri. (2) Subjekseringtidakmenyelesaikan PR disekolahkarenatidaksempatberdiskusidengantemanlaindirumah. (3) Subjekseringmerasamalubertanyakepada Guru tentangmateripelajaran yang belumsepenuhnya di pahami. (4) Subyekbelumterbiasauntukmenyampaikanharapan-harapan, usuldan saran kepadateman-temandalamkelompokbelajar. (5) Subyeklebihsenangmenerimatugastugaskhususuntukdiselesaikansendiridaripadatugaskelompok. (6) Subyekadaperasaantakutsalahketikaakanbertanyakepada Guru tentangmateripelajaran yang dianggapbelumjelas.Padafaseintervensisetelahsiswadiberikan treatment layanankonseling individual diperoleh total skorsebesar 48 yang termasukpadakategorisedikitintrovert, karenaberadapadarentang 42 s/d < 60. Sehinggakesimpulandaripenelitianiniadalahkonseling individual denganteknikLogoterapiefektifuntukmengatasimasalahsiswa yang Introvert di kelas X.1 MA Birrul Walidain NW Rensing.} }