@thesis{thesis, author={BAHRI SYAMSUL}, title ={PENGARUH EFEKTIFITAS KOTAK MASALAH DALAM MENGATASI MASALAH PRIBADI SOSIAL PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 MASBAGIK TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3236/}, abstract={Syamsul Bahri, 13100066. “Pengaruh Efektifitas Kotak Masalah Dalam Mengatasi Masalah Pribadi Sosial Pada Kelas X Di SMA Negeri 1 Masbagik Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Koneling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIVERSITAS HAMZANWADI 2017. Pembimbing I : Drs. IDP PARTHA, M.Pd dan pembimbing II : FITRI AULIA, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran masalah pribadi sosial siswa dan untuk melihat efektifitas kotak masalah dalam mengatasi masalah pribadi sosial siswa. Metode yang peneliti gunakan yaitu kualitatif. Yang menjadi informan adalah 2 orang siswa dan 2 orang guru yang diwawancarai tentang efektifitas kotak masalah dalam mengatasi masalah pribadi sosial. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan gambaran masalah pribadi sosil anatara lain: (1) tekanan teman sebaya, (2) perceraian, (3) kekerasan fisik, (4) orientasi seksual, (5) tidak dapat mengadakan interaksi dengan teman sebaya, (6) sulit menyesuaikan diri dengan anggota kelompok. Dan kondisi kotak masalah disekolah ini antara lain : (1) kotak masalah bukan pilihan siswa, (2) kotak masalah (kotak aspirasi) ditaruh diruang OSIS, (3) pengelolaan kotak masalah (kotak aspirasi) adalah OSIS. Diketahui bahwa kotak masalah tidak efektif unutk mengatasi masalah pribadi sosial pada siswa. Karena kalau siswa-siswi SMA lebih terbuka dan tidak sungkan untuk menceritakan permasa-lahannya. Selain itu juga siswa-siswinya sudah memahami peran dan fungsi guru BK disekolah. Dan dapat disimpulkan bahwa pengaruh efektifitas kotak masalah dalam mengatasi masalah pribadi sosial tidak efektif. Kata Kunci : Kotak Masalah, Masalah Pribadi Sosial} }