@thesis{thesis, author={SUGIARTI EVA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 7 APITAIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3495/}, abstract={Eva Sugiarti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Learning Dengan Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 7 Apitaik Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Hamzanwadi. Dr. Padlurrahman, M. Pd Pembimbing I dan Nurul Mu’minin, MZ, M. Pd Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Outdoor Learning dengan permainan ular tangga terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 7 Apitaik sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 5 Apitaik sebagai kelas kontrol yang keseluruhannya berjumlah 34 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design bentuk Postest Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes intruksi menulis puisi. data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa tabel yaitu yaitu (2,293>2,037) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran outdoor learning dengan permainan ular tangga terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 7 Apitaik tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Model Pembelajaran Outdoor Learning, Permainan Ular Tangga, Kemampuan Menulis Puisi} }