@thesis{thesis, author={HASANAH FITRIATUN}, title ={EFEKTIVITAS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBASIS TEORI VAN HIELE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3502/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan matematika realistic (PMR) berbasis teori van hiele pada pembelajaran matematika kelas V SDN2 Jerowaru tahun pelajaran 2018/2019. Jenispenelitian ini True Eksperimen Design dengan jenis pretest postest control group design. Dalam penelitianini menggunakan penelitian populasi yakni ke seluruhan kelas V SDN 2 jerowaru tahun pelajaran 2018/2019. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan tehnik simple random sampling atau seluruh siswa kelas V SDN2 Jerowaru tahun pelajaran 2018/2019 dengan ketentuan kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas control dimana tehnik pengumpulan data menggunakan tes essay. Berdasarkan kriteria pengujian, harga thitung > ttabel (5,10.2,045) sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penggunaan model pendidikan Matematika realistic berbasis teori van hiele pada pembelajaran matematika kelas V SDN2 Jerowaru tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Pendidikan Matematika Realistic (PMR)berbasis teori van hiele, Hasil belajar Matematika} }