@thesis{thesis, author={AIZZAH BAIQ HABIBATUL}, title ={PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMPIN (KOMIK PENDIDIKAN) IPA BERBASIS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS IV SDN 02 SUELA TAHUN AJARAN 2019}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3534/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk yang berupa bahan ajar KOMPIN (Komik Pendidikan) IPA berbasis metode pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas IV SDN 02 Suela tahun ajaran 2019 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yang terdirir dari Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar KOMPIN (Komik Pendidikan) IPA berbasis metode pembelajaran Cooperative Script layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli diketahui bahwa bahan ajar kompin IPA dikategorikan “Sangat Baik” dengan kriteria sebagai berikut dari segi ahli materi menghasilkan jumlah skor aktual 41 dengan rata-rata 27, dari segi tampilan juga dalam kategori “Baik” menghasilkan jumlah skor aktual 26 dengan rata-rata 21, dan dari segi bahasa dalam kategori “Sangat Baik” menghasilkan jumlah skor aktual 28 dengan rata-rata 18. Berdasarkan hasil uji coba lapangan diperoleh data ketika uji coba skala kecil dengan persentase keseluruhan responden “Ya” sebanayak 97% dan saat uji coba skala besar dengan persentase keseluruhan responden “Ya” 100%.sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar KOMPIN (Komik Pendidikan) IPA berbasis metode pembelajaran Cooperative Script memenuhi kriteria valid dan efektif yang telah dikembangkan sesuai prosedur pengembangan. Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar KOMPIN (Komik Pendidikan), Metode Pembelajaran Cooperative Scrip} }