@thesis{thesis, author={FEBRIANA EVA}, title ={PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMAHAMI ISI CERITA PADA KELAS IV SDN 7 LENDANG NANGKA TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3583/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Memahami Isi Cerita Pada Kelas IV SDN 7 Lendang Nangka Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah termasuk eksperimen semu (quasi eksperimental design). Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control grub design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 7 Lendang Nangka tahun ajaran 2018/2019 dengan ketentuan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunaka tes keterampilan memahami isi ceita. Sebelum data dianalisis, instrumen terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian setelah data terkumpul dilakukan analisis hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai ratarata posttest kelas ksperimen yakni 77 dan kelas kontrol yakni 68,6. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas menggunakan rumus chi-kuadrat. Kemudian untuk uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa fhitung > ftabel yaitu (3,32 > 2,0015). Ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Memahami Isi Cerita Pada Kelas IV SDN 7 Lendang Nangka. Kata Kunci: Media pembelajaran Audio Visual, Keterampilan Memahami Isi Cerita} }