@thesis{thesis, author={ISMAYANTI ISMAYANTI}, title ={PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATEMATIKA BERBASIS TEORI BELAJAR DIENES PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI KELAS 2 SDN 2 KORLEKOTAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3644/}, abstract={Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa buku saku berbasis teori belajar Dienes pada pelajaran matematika kelas 2 SDN 2 Korleko Tahun Pelajaran 2018, Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang dilakukan 9 tahapan, yaitu penelitian pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi ahli, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, Penyempurnaan Produk Hasil Uji Lapangan, Penyempurnaan produk akhir, uji pelaksanaan lapangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa.Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 2 SDN 2 Korleko yang berjumlah 20 orang.Produk yang dikembangkan berupa buku saku dengan menggunakan teori belajar Dienes, penilaiannya dilihat dari segi materi dan segi tampilan. Nilai hasil validasi buku saku dari segi materi adalah 4,4 kategori sangat baik dengan rentang sekor 44 x > 41,88 sedangkan dari segi tampilan adalah 2,9 kategori cukup baik dengan rentang skor 26 < x ≤ 26 dengan ktegori “valid” dan layak untuk digunakan berdasarkan revisi dari masing-masing validator. Persentase siswa yang memberikan respon positif terhadap buku saku mencapai 86% dan data yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa mencapai 86% dapat disimpulkan dalam penelitian ini pengembangan buku saku matematika berbasis teori belajar Dienes dengan menggunakan model Borg and Gall dikatakan Valid dan efektif terhadap pembelajaran pada materi unsur dan sisi bangun datar kelas 2 SDN 2 Korleko Tahun Pelajaran 2018. Kata kunci: Pengembangan, buku saku, mstematika teori belajar Dienes.} }