@thesis{thesis, author={SUTRISNO TRI}, title ={PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARANRESOURCE BASED LEARNING DALAM MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 SAKRA TIMUR TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3646/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran resource based learning (RBL) materi pokok prilaku kegiatan ekonomi pada siswa kelas X SMAN 1 Sakra Timur Tahun Pembelajaran 2017/ 2018. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 19 orang perempuan dan kelas X IPS 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Nilai terendah untuk kelompok eksperimen adalah 50 dan nilai tertingginya 95 sedangkan untuk kelompok kontrol nilai terendahnya adalah 40 dan nilai tertingginya adalah 85. sehingga dari perhitungan data tersebut kelompok eksperimen 1 yang di ajarkan dengan metode resource based learning (RBL) di dapat nilai rata-rata 72,5 standar deviasi 14,12, dan untuk kelompok kontrol yang di ajarkan dengan metode konvensional nilai rata-ratanya 66,5 dan standar deviasinya 12,98. Berdasarkan data hasil penelitian didapatkan t hitung= 3,428 dan t tabel = 2,014 (3,428 > 2,014) sehingga dari data ini maka hipotesis (Ha) di terima yang berbunyi,ada pengaruh metoe resource based learning dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Sakra Timur 2017/2018 Kata Kunci: pengaruh, Metoderesource based learning,. Mata Pelajaran ekonomi.} }