@thesis{thesis, author={L. NURISKI L. NURISKI}, title ={KORELASI SASTRA TRADISIONAL YANG MENGANDUNG UNSUR KEKERASAN TERHADAP PERILAKU AGRESIF ANAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3656/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sastra tradisional yang mengandung unsur kekerasan terhadap perilaku agresif pada anak siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi, penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Pancor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SDN di Pancor. Untuk uji coba instrumen angket memakai 26 siswa di SDN 3 Pancor. Sedangkan Untuk pengambilan data memakai 22 siswa SDN 2 Pancor. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan Uji Reliabilitasnya menggunakan Rumus Kuder dan Richardson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perilaku agresif siswa di SDN 2 Pancor memiliki nilai sebesar 62,042 yang termasuk dalam kategori tinggi. Nilai tersebut berada di atas nilai rata-rata ideal yang mengindikasikan tingginya tingkat perilaku agresif anak siswa sekolah dasar. Tingginya tingkat perilaku agresif siswa di kelas sangat membahayakan disebabkan karena rasa frustasi dalam mencapai tujuan tertentu dan lingkungan sosialnya 2) apabila nilai agresifitas siswa tinggi maka besar kemungkinan hasil belajarnya rendah dikarenakan tidak fokus dalam menerima pelajaran. 3) ada hubungan yang negatif antara sastra tradisional yang mengandung unsur kekerasan terhadap perilaku agresif siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Sastra Tradisional, Perilaku Agresif.} }