@thesis{thesis, author={AS ISNIWATI}, title ={“PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS-II SMAN 1 TERARA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018”}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3677/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS II SMAN 1 Terara tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Terara tahun pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel berjumlah 40 siswa kelas XI IPS II SMAN 1 Terara tahun pembelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian paradigma ganda dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu (4,385 > 2,026) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS II MAN 1 Terara tahun pembelajaran 2018/2019. t-hitung < t-tabel (0,283 <2,026) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Terara tahun pembelajaran 2018/2019. F-hitung > F-tebel (9,787 > 3,252) yang berarti Ho ditolah Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan keiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS II SMAN 1 Terara tahun pembelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar} }